Rabu, 04 Juli 2012

suku batak - Mejan, Patung Mistik Suku Pakpak

(suku batak) [Informasi seputer batak Toba, Pakpak, Karo, Simalungun, Angkola, Mandailing dan Wisata Danau Toba] Mejan, Patung Berkekuatan Mistik Suku Pakpak

Pakpak Bharat – Mejan, inilah sebutan patung-patung yang diukir oleh suku Pakpak sejak lama. Saat ini Mejan hanya beberapa saja yang dapat dilihat di Kabupaten Pakpak Bharat. Bagi suku Pakpak, Mejam merupakan suatu simbol kebanggaan dan kemasyuran karena diyakini patung-patung tersebut mengandung unsur mistik tersendiri.

Dalam wisata liputan Gobatak bersama Yetty Aritonang dalam program Visit Huta 2012 di daerah Pakpak Bharat berhasil melihat salah satu Mejan peninggalan suku Pakpak. Lokasi Mejan tersebut tidak jauh dari tempat wisata andalan Pakpak Bharat, Air Terjun Lae Mbilulu di desa Prongil Kecamatan Tinada.

Kebetulan jalan menuju air terjun Lae Mbilulu masih satu jalur ruas jalan, jadi klop perjalanan wisata kami [visit huta] terwakili dengan wisata andalan yang ditawarkan oleh daerah yang bertetangga dekat dengan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Namun sayang sekali, perjalan menelusuri keunikan alam, seni dan wisata tanah Pakpak pada April 2012 lalu sedikit mengecewakan. Seandainya warga tidak menemani team Gobatak menuju tempat Mejan saat itu, pasti Mejan yang disebut penuh mistik itu tidak akan pernah kami kunjungi. Papan nama atau tanda tidak ada terpampang sama sekali disepenjang jalan. Nyaris tidak kelihatan, rumput ilalang tumbuh subur memanjang menutupi bangunan kecil (Mejan) berpagar besi ditepi jalan.

Untuk lihat foto-foto lainnya klik disini.
Dituturkan oleh Ernis Sinamo (65) kepada Gobatak, memang tempat ini sudah jarang dikunjungi. Dulunya patung-patung disini masih lengkap. Ada patung kuda dan gajah yang ditunggangi patung manusia laki-laki dan perempuan serta sejumlah wadah tempat penyipanan abu. Siapa saja datang ke desa kami bermaksud jahat Mejan ini akan mengeluarkan tanda-tanda berupa suara dan tanda fisik lainnya seperti asap untuk menghalangi niat-niat jahat para pendatang, kata salah seorang cucu pewaris Mejan tersebut.

Video Liputan Gobatak:

Selain wisata Budaya Pakpak dengan situs peninggalan sejarah suku Pakpak yakni Mejan masih terdapat ratusan dibeberapa daerah misalnya di Desa Ulu Merah, Mejan Solin di Natam Pakpak. Serta wisata air Terjun Lae Une di desa Kecupak.


Sumber:
http://www.gobatak.com/mejan-patung-berkekuatan-mistik-suku-pakpak/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar